Bruder Bojes SDB Kaul Kekal

SDB-INA, Jakarta (08/09/2019) – Seorang biarawan setelah menempuh satu periode pembinaan awal, dan setelah melalui proses penilaian yang sesuai ketentuan, ia akhirnya membuat kaul kekalnya. Peraturan Gereja, peraturan Kongregasi atau tarekat, dan proses pembinaan menjadi acuan bagi kelayakan biarawan tersebut untuk pengikraran kaul kekalnya.

Selama periode pembinaan awal, biarawan itu secara periodik membaharui kaulnya, karena itu disebut masa kaul sementara. Para superior dan pembinanya mempunyai peranan penting sekali untuk mengawal proses tersebut. Namun demikian, peran biarawan sendiri justru jauh lebih penting, yaitu kemampuannya sebagai orang dewasa dan keputusan bebasnya untuk memilih mengikrarkan kaul kekal. Dengan kaul kekal berarti ia berniat untuk hidup selamanya sebagai biarawan yang terikat dengan kaul-kaul sucinya.

Begitulah yang dialami oleh Bruder Alfridus Tena alias “Bojes” SDB, sebagaimana lazimnya ia dipanggil. Selama 8 tahun ia menjalani masa-masa kaul sementara yang diisinya dengan aneka tugas perutusan Kongregasi kepadanya. Ia menceritakan kisah perjalanan panggilannya itu di dalam buku kenangan yang akan didapatkan oleh siapa pun yang menghadiri perayaan kaul kekalnya.

Perayaan itu akan dilaksanakan pada hari Senin, 9 September 2019, pukul 18:00, di gereja Santo Yohanes Bosco, Danau Sunter, Jakarta Utara. Alamatnya ialah Jalan Taman Sunter Indah A3, 13 – 21, Sunter Jaya – Jakarta Utara. Ritus kaul kekal akan dilaksanakan di dalam perayaan meriah Ekaristi, yang dipimpin oleh Provinsial SDB untuk Indonesia, Pastor Andrew Wong SDB.

Seluruh perayaan Ekaristi dan kaul kekal Bruder Bojes ini akan disiarkan live streaming melalui channel youtube: sdb.indonesia@gmail.com. Bagi yang ingin mengikuti siaran langsung dapat meng-akses melalui handphone atau laptop. Mereka yang tidak sempat menyaksikan live, tentu dapat mengikutinya secara offline via youtube.

Please Share:

2 Comments

  1. Tetap semangat dan kuat dalam menjalani tugas pelayananmu bruder serta jadilah contoh buat kami.

    MB
    RN

  2. Pelayanan sdb bersama Maria Bunda dan Yesus adalah anugerah bg umat di dunia

Yuk, berikan tanggapan atau pertanyaan!

Alamat email Anda akan dirahasiakan. Wajib diisi untuk kolom yang bertanda *