Seorang Bruder yang religius

Inti hidup membiara bagi Bruder Muller ialah hidup yang bertanggung jawab atas panggilan yang mulia dan indah, berdasarkan kaul-kaul suci yang dihayati.

SDB-INA, Jakarta (19/09/2018) – Para Salesian di Indonesia, khususnya yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, dari hari Selasa (17/09) sampai Kamis (19/09), bersama seorang tamu spesial dari kantor pusat di Roma (Italia), yaitu ekonom jenderal, Bruder Jean Paul Muller SDB.

Dari pertemuan pertama, selama interaksi dalam kegiatan-kegiatan bersama, hingga saat beliau pamit untuk kembali ke Roma, kesan yang cukup kuat di antara sama-saudara, ialah Muller adalah seorang Bruder yang religius. Umumnya orang berharap kalau seorang ekonom akan berbicara dan memiliki banyak hal tentang keuangan dan pekerjaan-pekerjaan yang menjadi materi di pikiran dan pembicaraannya.

Namun untuk Bruder Muller tidak demikian. Satu contoh yang mendapat kesan terkuat, ialah bahwa ia selalu berbicara tentang kehidupan membiara dengan semua aspek disiplinnya. Ia sendiri bertemu dan berbicara dengan kelompok-kelompok yang berbeda-beda.

Ia nampaknya ingin menarik perhatian semua pendengarnya, bahwa yang terpenting bagi seorang biarawan ialah menjadi seorang biarawan yang baik, dan nantinya mencapai kesempurnaan. Materi, uang dan barang-barang adalah bukan pegangan utama, tetapi sebagai alat-alat bantu untuk mencapai tujuan hidup membiara.

Pada hari Rabu (18/09), Ekonom jenderal pertama-tama bertemu enam mata dengan provinsial dan ekonom provinsial. Menyusul adalah pertemuannya dengan para ekonom lokal atau setiap komunitas dalam provinsi SDB Indonesia. Antara jam 6 sore sampai menjelang makan malam, Bruder Muller memberikan konferensi dan berdialog dengan para Salesian muda, frater dan bruder yang berkaul sementara.

Sesi pembicaraan dan dialong dengan Provinsial dan Ekonom Provinsi dari pagi hingga saat makan siang
Sesi konferensi dan dialog dengan para ekonom komunitas lokal pada jam 15:00
Please Share:

1 Comment

  1. mantap Romo

Yuk, berikan tanggapan atau pertanyaan!

Alamat email Anda akan dirahasiakan. Wajib diisi untuk kolom yang bertanda *