Vice-Provinsi Baru INA Punya Provincial Baru

Setelah sekitar 20 tahun menjadi bagian dari Vice-Provinsi ITM (Indonesia-Timor Leste) yaitu sejak 1998, pada tanggal 8 Juni 2018 SDB Indonesia mendapatkan status resmi sebagai Vice-Provinsi. Ini adalah sebuah status kehadiran dan karya teritorial yang independen dengan hampir semua kondisi atau prasyarat seperti sebuah provinsi. Ada satu dua hal yang memang masih perlu diatur dan difasilitasi oleh kepemimpinan pusat sehingga dinamakan Vice-Provinsi.

SDB Indonesia menjadi Delegasi dengan status masih menjadi bagian dari Vice-Provinsi ITM sejak tahun 2012. Asembli para sama saudara yang dilaksanakan di Gadog, kabupaten Bogor menghasilkan suatu keputusan strategis bagi pengembangan misi Selesian Indonesia tercara terencana dan komprehensif. Salah satu isi rencana itu ialah memproyeksi supaya enam tahun kemudian atau persisnya pada tahun 2018, Delegasi Indonesia menjadi sebuah Vice-Provinsi atau Provinsi. Rencana ini menjadi kenyataan dengan penetapan Rektor Mayor Saleisan Don Bosco, Pastor Angel Fernandez Artime SDB, pada tanggal 8 Juni tersebut.

Nama resmi yang tercatat secara administratif di dalam Kongregasi Salesian ialah Vice Provinsi Santo Aloysius Versiglia, seorang imam misionaris Salesian Italia yang pertama kali membuka misi di Cina, kemudian menjadi uskup, dan meninggal dunia sebagai martir. Turut meninggal bersama dia ialah Santo Kalistus Caravario, seorang imam Salesian martir, yang namanya dipakai sebagai pelindung Vice-Provinsi TLS (Timor Leste). Nama singkatan untuk Vice-Provinsi Santo Versiglia ialah INA, sebagai singkatan dari Indonesia.

Untuk melengkapi pendirian Vice-Provinsi baru ini, pemimpin tarekat SDB pusat juga menetapkan superior baru yang pertama yaitu Pastor Andrew Wong SDB. Beliau pernah menjadi misionaris di Indonesia sejak tahun 1993 dan menjadi Provinsial pertama untuk ITM pada tahun 1998. Setelah menjalankan tugas perutusan di berbagai tempat di luar ITM sebagai bagian dari pelayanan kepemimpinan di rumah pusat maupun di Filipina tempat asalnya, kini beliau kembali lagi untuk menjalankan pelayanan yang sama bagi sama saudara Salesian di Indonesia.

Pada tanggal 1 Agustus 2018, di kapel Wisma Salesian Don Bosco, Sunter – Jakarta Utara, Pastor Wong dilantik untuk resmi menjadi Provinsial SDB INA. Pastor Klement Vaclav SDB, regional wilayah Asia Tenggara, Australia, Pasifik dan Oseania, menjadi saksi atas pelantikan ini.

Please Share:

2 Comments

  1. Selamat untuk padre Andrew Wong, SDB, rektor Novisiat saya di Fatumaca dulu, yg terpilih menjadi provinsial SDB utk Vice Provinsi Indonesia yg baru mandiri terpisah dari Timor Leste.

    1. Terima kasih Ardi. Silakan datang ke SDB Sunter untuk mengunjungi

Yuk, berikan tanggapan atau pertanyaan!

Alamat email Anda akan dirahasiakan. Wajib diisi untuk kolom yang bertanda *