Nuntius Apostolik Baru untuk Israel Seorang Filipina

Ketegangan etnik, politik, sejarah dan agama di daerah Israel dan Palestina sepertinya jauh dari berakhir. Seorang remaja bahkan berkomentar bahwa kehidupan di sana sudah menjadi legenda. Karena terlalu lama dalam konflik, orang cenderung menganggap hal itu sudah menjadi drama untuk diceritakan dan dipertontonkan!

Saat ini ketegangan antar keduanya masih panas. Di tengah memanasnya situasi kehidupan itu, Paus Fransiskus menugaskan wakilnya yang baru untuk melaksanakan misi apostolik sebagai Duta Besar Vatikan wilayah Tanah Suci. Nuntius Apostolik itu adalah Uskup Agung, Mgr. Adolfo Tito Yllana, yang berasal dari Naga City, Philippines.

Nuntius Adolfo telah menjalankan tugas diplomatik Gereja Universal di Afrika, Asia, Eropa dan Oseania. Kini Bapa Suci mempercayakan beliau suatu tugas yang berat dan penting, yaitu di daerah Tanah Suci. Ia menjalani tugasnya untuk negara Israel, Ciprus, dan delgatus apostolik untuk Yerusalem dan Palestina.

Sebelum mendapat perutusan yang baru ini, Uskup Agung Adolfo adalah Nuntius Apostolik untuk Australia. Ia datang ke Tanah Suci menggantikan Nuntius Mgr. Leopoldo Gerelli yang beberapa tahun lalu sebagai Nuntius Apostolik untuk Indonesia. Uskup Agung Gerelli telah mendapat tugas baru sebagai Nuntius Apostolik untuk India. (Sumber: https://www.vaticannews.va/en/pope/news/2021-06/pope-appointment-yilana-nuncio-israel-cyprus-jerusalem-palestine.html)

Please Share:

1 Comment

  1. Dimanakah Romo Matius Sudiantoro, SDB sekarang? Apakah beliau masih hidup atau sudah menghadap bapak di surga ? Dari sahabat Salesian Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *