Anggota SDB Tertua di Dunia

Anggota SDB yang tertua saat ini di dunia berasal dari Polandia dan sebagai misionaris di Brazil, Amerika Latin.

Kongregasi SDB yang tercatat sebagai salah satu tarekat dengan anggota terbanyak di dalam Gereja Katolik, saat ini memiliki seorang anggota dengan usia yang paling tua, yaitu 107 tahun. Ia adalah Pastor Ladislau Klinicki, SDB, yang merayakan ulang tahunnya pada tanggal 1 Juni, beberapa hari lalu.

Pastor Ladislau berasal dari Polandia yang lahir di negara asalnya ini pada tahun 1914. Setelah menjadi seorang imam Salesian, pada tahun 1968 ia berangkat ke Brazil untuk menjadi seorang misionaris. Di Brazil, khususnya di kota Sao Paulo, ia dikenal sebagai fondasi dan pembangun komunitas “Santa Teresina”. Ia sangat dicintai dan dihormati orang-orang Brazil dan juga di dalam Keluarga Salesian.

Ketika masih berada di tanah airnya Polandia, ia pernah mengalami siksaan penjara dan penganiayaan oleh kaum Nazi dalam masa Perang Dunia Kedua. Baik pada waktu masih di Polandia maupun ketika sudah berada di Brazil, Pastor Ladislau telah menulis sejumlah buku yang menginspirasi banyak orang.

Di dalam masa tuanya ini, ia selalu tampak kuat dalam iman dan penuh optimisme. Hal ini tentu menjadi pemicu semangat bagi semua lain yang lebih muda darinya. Muito obrigado Padre Ladislau! (Sumber: https://www.infoans.org/en/sections/news-photos/item/12998-brazil-fr-ladislau-klinicki-celebrates-his-107th-birthday)

Please Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *