Semua harus siap

Bacaan-bacaan dan renungan Sabda Tuhan hari Minggu Adven Pertama, 1 Desember 2019. Yesaya 2, 1-5; Roma 13, 11-14a; Matius 24, 37-44. Suara: frater Ikky sdb (bacaan 1), frater David sdb (bacaan 2) dan pastor Peter sdb (Injil dan renungan)

Tema renungan kita pada hari Minggu Pertama Adven ini ialah: Semua Harus Siap. Pengalaman ketinggalan pesawat atau kereta sudah banyak terjadi. Seorang teman bercerita, ia sedang menikmati serunya bermain gamedan download video dalam laptopnya pada waktu sedang menunggu pesawat transit. Maklum, internet kencang dan gratis tidak ia temukan di kampungnya. Ia memang ingin menikmati itu sepuas-puasnya. Tetapi sampai pada panggilan terakhir untuk naik ke pesawat, ia tidak sempat mendengarnya. Akhirnya ketika ia menyadari kemudian, ia sudah terlambat berangkat. Tiketnya otomatis hangus. 

Ia malu sendiri karena di hadapannya ada tulisan yang menempel pada dinding yang berbunyi, “Semua penumpang harus sudah siap sebelum dipanggil untuk naik ke pesawat.” Kita semua yang bernalar sehat mengerti tentang bersiap. Setiap orang yang tahu dan mengerti tentang bersiap, menerima hal itu sebagai suatu kewajiban. Dasarnya ialah ada sebuah tuntutan untuk dipenuhi. Seseorang yang memiliki kepentingan terhadap tuntutan tersebut wajib mengikuti dan mematuhinya. Kualitas yang diminta darinya sebelum melaksanakan kewajiban itu ialah ia harus bersiap. Tidak mungkin sebaliknya ia tidak bersiap.

Untuk urusan yang berkaitan dengan iman kepada Tuhan, persiapan adalah mutlak. Ada banyak sekali firman dan perintah Tuhan tentang persiapan. Tuhan tidak pernah terikat pada waktu dan tempat, tetapi kita manusia sangat terikat. Manusia sangat terbatas dalam kemampuan menyesuaikan dirinya dengan waktu dan tempat yang berbeda-beda. Berdasarkan alasan ini, persiapan diri untuk penyesuaian terhadap perubahan-perubahan adalah mutlak. Hukum universal untuk persiapan berlaku bagi semua orang, dan bagi orang-orang beriman adalah sangat menentukan dalam memenuhi kehendak Tuhan.

Dalam memasuki Tahun Liturgi yang baru, ditandai dengan perayaan hari Minggu Adven yang pertama ini, kabar gembira kita ialah panggilan untuk bersiap sedia. Kita diingatkan untuk bersiap menyambut Tuhan kita Yesus Kristus. Panggilan untuk penyambutan diarahkan kepada semua bangsa dan budaya di dunia ini. Kita mengikuti sumber panggilannya yaitu di rumah Allah yang kudus. Di situ bertakhtalah Yesus sebagai Raja Agung. Kerajaan-Nya sudah ditandai kelahiran di bumi ini lebih dari 2000 tahun lalu, yang kita rayakan ulang tahunnya pada setiap 25 Desember, hari raya Natal.

Kita semua wajib melalukan persiapan untuk menyambut raja kita, karena Ia senantiasa datang sesuai dengan waktu yang Ia kehendaki. Ia hanya ingin mendapatkan kita yang bersuka cita, merindukan dan penuh kehangatan untuk menyambut Dia, supaya suka cita menjadi penuh dan Ia penuhi kehendak Bapa.

Marilah kita berdoa. Dalam nama … Ya Allah maha kasih, semoga perayaan hari Minggu pertama Adven ini, membuat kami selalu siap-sedia dalam menyambut Putra-Mu Yesus Kristus penyelamat kami. Bapa kami… Dalam nama …

Please Share:

Yuk, berikan tanggapan atau pertanyaan!

Alamat email Anda akan dirahasiakan. Wajib diisi untuk kolom yang bertanda *