Podcast La Porta versi Indonesia dan Inggris

Istilah “La Porta” adalah kata dalam bahasa Italia yang berarti pintu. Isiator pemakaian istilah ini untuk kegiatan komunikasi seperti yang sekarang ini ialah Pastor Peter Tukan SDB, ketika waktu itu ia masih tinggal di kota Roma, Italia. Persisnya pada tanggal 24 Desember 2015, saat menghadiri satu perayaan yang terkait dengan tahun Jubilee “Pintu Suci Kerahiman”. Beliau terinspirasi untuk membuat sesuatu yang ada kaitannya dengan studi spesialisasi yang ia sedang geluti.

Kembali dari perayaan itu, di dalam kamarnya di kampus Universitas Pontificia Salesiana – UPS (Roma), beliau pertama kali membuat satu format audio-digital, yang isinya ialah renungan harian. Pada malam Natal itu untuk pertama kali siaran audio (radio) atau “podcast” (istilah terkini untuk broadcast audio) diudarakan. Para audiens ialah mereka yang dapat dihubungi melalui nomor-nomor handphone yang berbasis whatsapp. Jumlahnya sekitar 50-an nomor. Selain itu, siaran ke fb, line, dan email dilakukan juga.

Media La Porta saat ini merupakan sebuah media online berformat podcast, berita tulisan, video dan musik. Pengembangannya bertahap yang sangat bergantung pada kemampuan personali yang mengurusinya. Media ini sedang menuju kepada sebuah media online dalam Kongregasi SDB Provinsi Indonesia (INA), yang dikelola oleh Komisi Komunikasi Sosial INA. Dukungan doa dan bantuan dana serta infrastruktur lainnya akan sangat diperlukan untuk pengembangan media ini.

Sampai saat ini La Porta menyiarkan podcast renungan harian berbasiskan bacaan liturgi harian dan diakses paling banyak melalui media whatsapp. Dari media ini, diperkirakan ada sekitar 10 ribuan orang yang mendengar dan membaca renungan tiap hari. Seorang pendengar diyakini membagikan lagi ke yang lain baik pribadi maupun di dalam group. Maka bisa jadi audiensnya lebih dari pada angka tadi.

Mulai hari Sabtu Suci, 16 April 2019, podcast La Porta menyiarkan juga renungan harian dalam bahasa Inggris. Para Salesian (SDB dan FMA) bekerja sama untuk menjalankan versi Bahasa Inggris ini. Dalam dua minggu-an setelah Pekan Suci, pendengarnya sudah mencapai lebih dari seribu orang, terutama dalam kalangan umat paroki yang berbahasa Inggris. Sejumlah pendengar yang bermukim di luar negeri juga mendapatkan siaran renungan harian berbahasa Inggris ini.

Dua orang Suster Salesian, Sr. Maria Fe Silva FMA dan Sr. Marivic FMA adalah kontributor aktif untuk siaran renungan berbahasa Inggris ini. Dari semua kesibukan yang mereka masing-masing lakukan, mereka selalu siap sedia untuk membuat rekaman dan ikut menyiarkan melalui jaringan media sosialnya. Menurut Suster Marivic, pimpinan komunitas FMA-Jakarta, orang muda di Jakarta, Timor Leste dan Filipina yang berada dalam jaringan media sosialnya, rutin mendapatkan siraman rohani dari La Porta.

Motto media La Porta ialah: Pintu terbuka bagimu, untuk menumbuhkan pengetahuan dan kebijaksanaan iman. Semoga La Porta ini senantiasa mengutamakan relevansinya dalam pelayanan yang dilakukannya.

Please Share:

Yuk, berikan tanggapan atau pertanyaan!

Alamat email Anda akan dirahasiakan. Wajib diisi untuk kolom yang bertanda *