Mengasah panggilan di luar negeri

Bersama waktu retret sebelum tahun ajaran baru

SDB-INA, Manila – Filipina (10/08/2019) – Saat ini ada sepuluh (10) Salesian muda yang sedang menempu pendidikan dan pembinaannya di Filipina. Ada 9 orang yang memusatkan studi mereka di kota Manila, di pusat studi internasional untuk para Salesian wilayah Asia Tenggara, Asia Timur dan Pasifik. Dan ada satu orang bruder yang menjalankan tahun orientasi pastoral di Pulau Panai, Selatan Filipina.

Untuk proses pembinaan para SDB muda, pendidikan di luar negeri ini juga menjadi kesempatan untuk mengasah panggilannya. Bagi calon imam, mereka menempuh studi teologi dan pembinaan persiapan menjadi imam, dan bagi para bruder, mereka menekuni pembinaan spiritualitas dan kehidupan bakti. Kurikulum pembinaannya berbeda antara calon imam dan para bruder.

Bruder Aleks Wiyono SDB saat ini sedang berada di Manila untuk menekuni pembinaannya. Ia membagikan pengalamannya seperti yang ditulisnya sendiri berikut ini:

Dalam dua bulan terakhir di penghujung tahun ajaran 2018-2019, para frater dan bruder mengisi liburannya dengan kegiatan kerasulan di komunitas-komunitas tempat para Salesian berkarya. Beberapa diutus ke Provinsi SDB Filina Selatan dan bagian yang lebih banyak di Provinsi SDB Filipina Utara.

Para frater tingkat satu dan para bruder tingkat dua menjalani kegiatan immersion di “Sagada Mountain Province” selama dua pekan. Mereka tinggal dan hidup bersama dengan keluarga-keluarga setempat sebagai bentuk mengasah panggilan dan mengalami kebersamaan dengan keluraga di mana mereka tinggal.

Setelah kembali dari kegiatan kerasulan dan immersion, para frater dan bruder mengikuti retret tahunan di Batulao (daerah pegunungan yang sejuk, di mana SDB memiliki sebuah rumah retret yang asri) dari 13 – 19 Juli 2019. Ini juga bagian pembinaan rohani yang sangat ditekankan oleh Don Bosco kepada setiap Salesian. Retret dibimbing oleh Pastor La Franko, SDB, seorang misonaris Italia yang berkerja di China.

Setelah selesai semua kegiatan liburan panjang, para frater dan bruder kembali aktif seperti semula dengan kegiatan studi mereka. Permulaan tahun ajaran baru ditandai dengan Misa Kudus yang dipimpin oleh Provinsial SDB Filipina Utara, Pastor Gerry Martin SDB, pada tanggal  5 Agustus 2019 di kampus Don Bosco Center of Studies di Paranaque – Manila.

Para mahasiwa yang menempuh studi di pusat Salesian ini bukan hanya para frater dan bruder SDB, tetapi juga dari kongregasi lain seperti Kongregasi Stigmata, Rogasionis, dan beberapa kongregasi para biarawati dan orang-orang awam. Saya mengakhiri sharing ini dengan sebuah ajakan: Marilah kita saling mendoakan, dan khususnya bagi kami yang sedang mengasah panggilan di luar negeri, semoga nanti pada waktunya beruah yang bagus demi memberikan manfaatnya bagi Gereja dan masyarakat.

Para SDB sungguh mengalami suatu keberuntungan, yaitu bahwa dengan mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri, pengetahuan bahasa asing, khsusnya Inggris menjadi maju, dan tentu saja pengembangan wawasan melalui pengenalan budaya-budaya orang dan bangsa lain di dunia menjadi luas.

Bagi orang-orang muda laki-laki yang memiliki panggilan hidup membiara dan imamat, Anda ditunggu di rumah-rumah Salesian untuk bergabung!

Misa pembukaan tahun ajaran baru
Komunitas para bruder SDB di Manila
Sebagian frater SDB yang sedang studi teologi di Manila
Please Share:

Yuk, berikan tanggapan atau pertanyaan!

Alamat email Anda akan dirahasiakan. Wajib diisi untuk kolom yang bertanda *