Informasi yang baik bergantung pada pembinaan manusia

Para biarawan Salesian Don Bosco (SDB) yang bergabung dalam regio EAO (Asia Timur-Tenggara, Australia dan Oceania) mengadakan serangkaian pertemuan menjelang akhir tahun 2019, dan pada kesempatan menuju ke Kapitel Umum ke-28 bulan Februari-Mei 2020. Salah satunya ialah pertemuan bersama sektor karya di bidang formasi (pembinaan) dan bidang komunikasi sosial.

Pertemuan ini dihadiri oleh para delegatus atau koordinator kedua bidang karya tersebut. Para dewan jenderal masing-masing bidang tersebut datang dari kantor pusat di Roma untuk menganimasi pertemuan ini. Dewan jendral yang mengurusi regio EAO juga mengambil bagian dalam pertemuan. Pertemuan ini berlangsung di Hong Kong (Cina Selatan) selama empat hari, yaitu Jumat (15) sampai Senin (18) November 2019.

Tujuan umum pertemuan ini ialah memperkuat kerja sama dan saling melengkapi kedua bidang karya ini, sehingga yang dapat dicapai ialah suatu pelayanan kepada orang-orang muda yang berguna, efektif dan berbuah baik. Orang-orang muda yang dimaksud ialah pertama-tama para Salesian muda dan calon Salesian. Lebih dari itu ialah orang-orang muda di luar lingkup Salesian, yaitu orang-orang di semua wilayah karya Salesian.

Sangat disadari dan menjadi proses pembentukan yang fundamental, ialah bahwa seorang Salesian yang adalah pendidik dan penginjil orang-orang muda, harus dapat membuat dirinya terpenuhi aspek pembinaan diri sebagai manusia dan aspek dunia komunikasi kekinian. Singkatnya, seorang Salesian yang dibutuhkan oleh orang muda saat ini ialah seorang pendidikan komunikator yang baik dan benar.

Kegiatan komunikasi dan pembinaan memikul tugas yang sama yaitu sebagai pembawa dan pemberi informasi atau pesan. Di dalam dunia nyata dan dunia maya, seorang Salesian menjalankan tugas-tugasnya dalam membuat dunia di sekitarnya, khususnya orang muda, disentuh dan dipengaruhi informasi yang ia berikan. Lalu pertanyaan penting di sini ialah: informasi macam apa yang diperlukan untuk membantu dan membangun kehidupan orang-orang muda?

Jawabannya bisa jadi sangat banyak dan bervariasi. Tetapi semua jawaban itu bergantung pada satu prinsip yang perlu didianut oleh setiap Salesian, yaitu setiap pribadi adalah pesan itu sendiri. Apa pun bentuk pesan yang dihasilkannya: verbal atau non verbal, tulisan atau lisan, diam atau suara, semuanya sangat bergantung pada pribadi manusia Salesian. Jadi suatu informasi yang baik dan berguna bagi orang muda, sangat bergantung pada pembinaan pribadi setiap orang.

Please Share:

Yuk, berikan tanggapan atau pertanyaan!

Alamat email Anda akan dirahasiakan. Wajib diisi untuk kolom yang bertanda *