Gembala yang baik mencerahkan pengertian

Bacaan dan renungan Sabda Tuhan hari Kamis pekan Paskah ke-4, 16 Mei 2019. Kisah Para Rasul 13, 13-25; Yohanes 13, 16-20. Suara: Joni sdb (bacaan) dan Aleks sdb (renungan)

Tema renungan kita pada hari ini ialah: Gembala yang Baik Mencerahkan Pengertian. Sang Gembala Yesus Kristus menerangi dunia dan hati kita dengan firman-Nya. Jika firman itu hanya sampai pada telinga manusia, pekerjaan evangelisasi itu masih sangat mentah. Dari mendengar, kita perlu melanjutkan prosesnya sampai kepada pengertian. Tuhan terus membantu untuk membuat kita mengerti Dia, yaitu firman-Nya yang disampaikan itu dapat kita pahami. 

Sejak pembaptisan kita dicurahkan Roh Kudus dan malalui Penguatan kita diurapi kepenuhannya. Salah satu karunia yang diberikan kepada kita ialah pengertian. Di dalam Injil pada hari ini Tuhan Yesus gembala yang baik mengajarkan kita bahwa dengan mengerti pengajaran-Nya kita menjadi orang-orang yang terberkati. Dia sangat berkenan kepada orang-orang yang tidak hanya mendengarkan, tetapi juga mengerti. Sebab melalui pengertian itulah sikap orang terbentuk dan dari sana ia mulai bersikap dan bertindak. 

Tidak berarti bahwa tak ada pengertian pada setiap manusia, kelompok orang atau sebuah kultur. Yang sering menjadi soal ialah bahwa pengertian manusia terbatas dan cenderung berbeda-beda pemahaman akan sesuatu hal. Apalagi dalam soal ajaran iman tertentu, bahaya kurang pengertian dan penafsiran yang berbeda-beda sering berakibat pada konfllik dan bentrok di antara kita. 

Hal ini sungguh menjadi pengalaman Santo Paulus. Ia telah alami bagaimana Yesus membuat pemikiran dan pengertiannya menjadi baru. Kini giliran dia untuk mencerahkan pikiran dan pengertian orang-orang yang belum tahu apa-apa tentang Yesus Kristus. Sering urusan menjelaskan orang-orang dari tidak tahu untuk mendapatkan suatu pengertian dasar akan suatu ajaran baru menjadi tugas yang lebih muda. Sedangkan akan sulit sekali melakukan yang sama kepada orang-orang yang sudah punya pemikiran dan pengertian tersendiri. 

Bagi kita, pengertian tentang Tuhan Yesus Kristus dan segala hal mengenai iman kita memang sudah ada dengan ukuran berbeda-beda dari seorang ke orang lain. Tetapi urusan mencerahkan atau menyegarkan pengertian itu merupakan suatu hal yang lain. Lalu bagaimana caranya? Mungkin usulan ini sangatlah sederhana, tapi siapa tahu bisa sangat berguna. Anak sekolah harus membaca satu buku pelajaran sepuluh kali untuk bisa hadapi ujian, daripada membaca sepuluh buku satu kali saja. Maka hal yang sama, kita mesti bertemu dan belajar pada Yesus berulang dan banyak kali. Tidak efektif kalau hanya sesekali atau jarang.

Marilah kita berdoa. Dalam nama Bapa… Ya Allah maha baik, terima kasih berlimpah atas Putera-Mu Yesus Kristus yang menjadi gembala yang baik bagi kami. Ia mencerahkan dan menyegarkan pengertian kami untuk semakin mengetahui diri-Nya dan Dikau sebagai Tuhan yang mengutus Dia. Semoga kami selalu bersemangat menguatkan pengenalan dan pemahaman tentang Dikau. Kemuliaan… Dalam nama Bapa…

Please Share:

Yuk, berikan tanggapan atau pertanyaan!

Alamat email Anda akan dirahasiakan. Wajib diisi untuk kolom yang bertanda *