Who We Are

Salesian Don Bosco

Salesian Don Bosco atau disingkat SDB adalah merupakan sebuah serikat religius katolik internasional yang terdiri atas pastor dan bruder. SDB mempunyai misi melanjutkan kerasulan St. Yohanes Bosco untuk menjadi tanda serta pembawa kasih Allah kepada orang muda, teristimewa mereka yang miskin dan terlantar.

Ingin tahu tentang kami?

Yuk, nonton video di bawah ini – hanya 2 menit saja!

Karya Salesian Don Bosco Indonesia (durasi 2 menit 48 detik)

For you I study, for you I work, for you I live and for you I am willing to give my life.

Don Bosco

KARYA SALESIAN DON BOSCO

Dari TURIN hingga INDONESIA

Tahun 2009 lalu menjadi tahun yang sangat istimewa bagi Serikat salesian Don Bosco (SDB). Serikat SDB didirikan oleh Pastor Yohanes Bosco pada tahun 1859 di kota Turin, Italia. 150 tahun kemudian, Serikat SDB berada di 129 negara, termasuk Indonesia. (Indonesia adalah negara ke 103 sebagai negara misionaris SDB, Timor Leste ke 51, sedangkan negara ke 129 adalah Kuwait pada tahun 2001, dan Zelandia Baru yang ke-136 pada tahun 2014).

Yohanes Bosco sudah merasul diantara orang muda sejak ia masih remaja. Sewaktu menjadi seorang imam muda, ia sungguh mengalami bahwa mimpinya itu pada usia 9 tahun menjadi kenyataan yaitu menjadi seorang rasul orang muda. Lalu ia mewadahi usahanya itu dengan mengadakan oratori, yakni tempat dimana orang muda bisa mendapatkan pendidikan, menemukan teman, bermain bersama dan juga berdoa.


SEKILAS SEJARAH

Ketika Don Bosco menyatakan pendirian serikat ini kepada delapan belas orang muda pengikutnya yang pertama, Don Bosco menamakannya sebagai “Serikat St.Fransiskus dari Sales” dan para pengikutnya disebut “Salesian”. Hal ini untuk menempatkan Serikat ini dibawah perlindungan Santo Fransiskus dari Sales.

Orang muda pengikutnya dibina memasuki dunia hidup bakti speperti mengenakan jubah, membuat kaul dan menjalani pendidikan seminari untuk persiapan imamat atau bruder Salesian.

Dengan memiliki sejumlah orang muda sebagai mitra kerjanya, Don Bosco makin mewujudkan misinya untuk keselamatan orang muda. Motto-nya adalah “Da Mihi Animas Coetera Tolle”, yang artinya Berikanlah aku jiwa-jiwa dan ambillah yang lainnya.

Ia melaksanakan misinya ini lewat karya pendidikan dengan sistem preventif yang terdiri dari akal budi, agama, dan cinta penuh kebaikan hati. Sistem ini diperkuat oleh semangat kekeluargaan serta devosi kepada Bunda Maria dan Bapa Suci.


Our Leader

Angel Fernandez Artime
Ángel Fernández Artime

Ángel Fernández Artime lahir 21 Agustus 1960 di Luanco-Gozon, Asturias, Spanyol; Beliau membuat kaul pertamanya pada tanggal 3 September, 1978, kaul kekal pada tanggal 17 Juni 1984, di Santiago de Compostela, dan ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 4 Juli 1987, di León.

Beliau berasal dari Provinsi Leon, ia meraih gelar di Pastoral Teologi dan lisensiat Filsafat dan Pedagogi.

Sebelumnya ia adalah seorang Delegatus Provinsial untuk Kerasulan Kaum Muda, Kepala Sekolah Ourense, anggota Dewan Provinsial dan Vikaris Provinsial, dan dari 2000-2006, Beliau menjadi Superior Provinsial.

Setelah menjadi bagian dari Panitia Persiapan untuk menyiapkan Kapitel Umum ke-26 (GC26) pada tahun 2009, ia diangkat menjadi Provinsial untuk Provinsi Argentina Selatan. Dalam kapasitas ini ia juga mengenal dan bekerja sama secara pribadi dengan Uskup Agung Buenos Aires, Kardinal Jorge Mario Bergoglio, yang sekarang ini adalah Paus Fransiskus.

Pada tanggal 23 Desember 2013 ia ditunjuk menjadi Provinsial untuk Provinsi Mediterania Spanyol.

Tapi pada tanggal 25 Maret 2014, ia dipilih oleh Kapitel Umum ke-27 (GC27) sebagai Rektor Mayor baru Kongregasi Salesian Don Bosco dan Penerus ke 10 dari Don Bosco.


Get Connected

Mewartakan kebaikan adalah tugas semua manusia,
namun mewartakan Kristus Allah Yang Menyelamatkan adalah tugas Anda sebagai seorang Kristiani.

Salesian Don Bosco Indonesia dapat Anda ikuti melalui social media berikut:


Yuk, klik pada quote di bawah ini untuk mewartakan via Twitter:

Being a Christian is more than just an instantaneous conversion - it is a daily process whereby you grow to be more and more like Christ. Click To Tweet God cannot give us a happiness and peace apart from Himself, because it is not there. There is no such thing. Click To Tweet For you I study, for you I work, for you I live and for you I am willing to give my life. Click To Tweet I stand at the door and knock. If anyone hears my voice and opens the door, I will come in to him and eat with him, and he with me. Click To Tweet

Please Share: